Kamis, 05 April 2012

Sistem Akuntansi Keuangan


Dalam perancangan berbagai sistem akuntansi, sistem akuntansi merupakan salah satu unsur yang sangat diperlukan dalam perusahaan. Hal ini akan diawali dengan definisi akuntansi keuangan serta pentingnya sistem akuntansi keuangan pada perusahaan.
Pengertian Akuntansi Keuangan
Pengertian akuntansi keuangan menurut Erhans dan Junaedi Yusuf, menyatakan bahwa Akuntansi Keuangan (Financial Accounting) adalah akuntansi yang bertujuan menghasilkan informasi keuangan untuk memenuhi kepentingan pihak luar perusahaan seperti pemegang saham/pemilik, pemberi pinjaman dan pihak luar perusahaan lainnya(Erhans, Yusuf, 2000, p8).

Akuntansi keuangan berhubungan dengan kegiatan kegiatan akuntansi untuk suatu unit ekonomi secara keseluruhan, yaitu berhubungan dengan pelaporan posisi keuangan mulai dari proses pencatatan sampai dengan pertanggung jawaban terhadap pihak yang terkait, antara lain kepada para manajer, pemilik, kreditur, lembaga pemerintahan dan masyarakat.

Hal terpenting dalam akuntansi keuangan adalah melaksanakan prinsip–prinsip akuntansi yang diterima secara umum, sesuai dengan standar akuntansi keuangan (S.A.K). standar akuntansi keuangan (S.A.K) menurut ketentuan sebagai berikut :
1.      Ruang lingkup dan tujuan keuangan
a. Kerangka dasar
Laporan keuangan disusun untuk tujuan umum, yang merupakan bagian dari proses pelaporan keuangan, dan berlaku untuk semua jenis perusahaan, serta dapat dimanfaatkan oleh pemakai dan pihak yang membutuhkan informasi tersebut
b.Tujuan laporan keuangan
Laporan keuangan diharapkan mampu menyediakan informasi yang menyangkut posisi keuangan, kinerja, serta perubahan posisi keuangan suatu perusahaan yang bermanfaat bagi sejumlah pemakai dalam pengambilan keputusan ekonomi
2.      Asumsi Dasar
a.       Dasar akrual (Akrual Basic)
Laporan keungan disusun atas dasar akrual, maksudnya pengaruh transaksi dan peristiwa lain diakui pada saat kejadian (dan bukan pada saat kas/setara kas diterima / dibayar) dan dicatat dalam catatan akuntasi serta dilaporkan dalam laporan keuangan pada periode yang bersagkutan.
b.      Dasar kelangsungan usaha (going concern)
Laporan keuangan biasanya disusun atas dasar kelangsungan usaha bagi perusahaan dan kemampuan akan melanjutkan usahanya dimasa mendatang.
3.      Unsur laporan keuangan
             a.      Unsur yang berkaitan langsung dengan pengukuran posisi keuangan, yaitu aktiva, kewajiban dan ekuitas.
            b.      Unsur yang berkaitan langsung dengan pengukuran kinerja yang tercantum dalam laporan rugi/laba, yaitu penghasilan dan beban.          

Pentingnya Sistem Akuntansi Keuangan Bagi Perusahaan
Sistem akuntansi keuangan merupakan kegiatan yang penting dalam suatu perusahaan, dimana perusahaan membutuhkan informasi keuangan dalam suatu periode akuntansi apakah mengalami penurunan/peningkatan

Untuk menunjang agar tercapainya keberhasilan dalam aktivitas keuangan perlu adanya sistem akuntansi yang baik dan harus memperhatikan sistem pengendalian internnya, agar data teransaksi keuangan yang disajikan dapat dipercaya akan kebenarannya sebagai bahan laporan pertanggung jawaban kepada pemimpin perusahaan.


see my web at www.iaincirebon.ac.id

Tidak ada komentar: