Dengan semakin
ketatnya persaingan, maka perusahaan merasa perlu untuk mempertahankan
pelanggannya agar pelanggan tersebut tidak lari ke perusahaan lain. Oleh karena
itu digunakan berbagai macam cara untuk menarik dan mempertahankan pelanggan,
antara lain :
- Memberikan potongan tarif (discount) kepada pelanggan yang setia.
- Memberikan service/pelayanan yang lebih baik dibanding perusahaan lain yang sejenis.
- Ketepatan jadwal keberangkatan.
Menurut Kotler
(2000:38), ada beberapa cara untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan, yaitu :
- Sistem keluhan dan saran;
Dengan
cara membuka kotak saran dan menerima keluhan, saran, kritik oleh langganan
atau bisa juga disampaikan melalui kartu informasi, customer hot line. Ini
semua dimaksudkan agar perusahaan lebih mengantisipasi dan cepat tanggap
terhadap kritik dan saran tersebut.
- Survey kepuasan pelanggan;
Biasanya
penelitian mengenai kepuasan pelanggan dilakukan melalui pos, telepon atau
wawancara pribadi atau bisa juga si perusahaan mengirimkan angket ke
orang-orang tertentu.
- Pembeli bayangan;
Dalam
hal ini perusahaan menyuruh orang-orang tertentu untuk membeli ke perusahaan
lain, sehingga pembeli misterius ini dapat melaporkan keunggulan dan kelemahan
pelayan-pelayan yang melayani.
- Analisis pelanggan yang beralih;
Perusahaan
yang kehilangan langganan mencoba untuk menghubungi pelanggan tersebut dan
dibujuk kenapa mereka berhenti, pindah ke perusahaan dan lain-lain. Dengan
informasi yang diperoleh maka perusahaan dapat lebih meningkat kinerjanya
dengan cara meningkatkan kepuasan para pelanggan.
Jika semua itu
dapat dilakukan dengan baik oleh si perusahaan, maka konsumen akan merasa
memperoleh keuntungan dengan selalu berhubungan dengan perusahaan langganannya
yang sudah ia kenal baik dibandingkan dengan harapan perusahaan-perusahaan baru
yang belum dikenalnya. Jika perusahaan secara konsisten memperhatikan
kepentingan konsumen maka konsumen akan tetap berlangganan dengan perusahaan
dan relationship pun tetap akan terjaga dengan baik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar