Selasa, 08 November 2011

Kelemahan Mendasar dari CMS gratisan


Bagi anda yang sering berselancar didunia maya ini tentu tidak asing denga istilah CMS. Tapi kemungkinan anda kurang menyadarinya. Sebagai contoh CMS seperti joomla,word press,Drupal forum-forum,dll.
Mengasyikkan memang kalo kita pakai joomla,atau word press atau semacamnya. Segalanya kebanyakan instant. Butuh program/content/modules baru tinggal search di google, pasti dapat banyak. Tapi coba kalo berani utak-atiknya lebih dalam sampai data basenya misalkan. Sebenarnya tidak usah takut untuk melakukan itu sewaktu kita baru sekedar belajar/coba2. Karena tanpa mencoba kita tidak akan bisa lebih berkembang.
Tapi buat yang kamu pusing...., ya kita lakukan apa adanya/normal saja.ngga usah utak-atik lebih dalam.Tinggal ganti template,cari modules yang asik/cocok. Selanjutkan tinggal isi dan isi. Dengan sangat mudah maka kita akan menghasilkan sebuah website yang lumayan bagus serta kita dapat menambahkan modul atau gadget sehingga web kita serasa canggih J. Dari judul artikel ini kelemahan mendasar dari CMS gratisan maksudnya CMS yang dapat didapatkan secara gratis loh.
Saya tidak mengupas kelemahan dari sisi pembobolan, karena hal tersebut pasti akan sangat mudah karena sourc code nya tersebar dan semua orang berbondong2 untuk mencari celahnya, saya akan mencoba mengingatkan pentingnya data yang ada pada website tersebut. Jika data yang ada tidak penting maka penggunaan CMS untuk web kita, atau web perusahaan kita adalah sah sah saja tapi jika berita yang kita tampilkan berupa artikel atau foto-foto yang berguna maka penggunaan CMS sangat berbahaya karena apabila 1 file atau 1 table atau 1 file saja diganggu oleh orang yang tidak bertanggung jawab maka hilanglah keseluruhan dari CMS kita dan kita pasti akan kebingungan untuk kembalikan data kita, mungkin kita dengan cepat dengan hitungan menit dapat membangun website dengan CMS tapi data data yang pernah diinput akan kesulitan untuk kembali seperti semula.
Kelemahan lain adalah data kita tidak dapat compatible dengan aplikasi yang kita punyai contohnya jika kita punya data member maka data member tersebut tidak dapat digunakan langsung oleh aplikasi kita sehingga kita harus mendata ulang member untuk aplikasi kita.
Kelemahan lain lagi adalah kita dimanjakan dengan keberadaan CMS sehingga kadang para pranata komputer atau kaum IT instan tidak mau belajar coding dari CMS tersebut dan celakanya instansi instansi pemerintah yang dananya milyaran menggunakan CMS untuk portalnya, padahal dana pengembangan IT sangat berlebih kenapa tidak dibangun dengan CMS sendiri yang didevelop sesuai dengan kebutuhan dari organisasi tersebut.
Sungguh menyedihkan saat penggunaan CMS gratisan merajalela dan begitu dibanggakan padahal cuma edit edit doang, wahai yang mengaku web developer kenapa tidak membangun CMS sendiri?????? Gunakan CMS gratisan sebagai sarana untuk belajar dan bukan untuk portal bagi perusahaan kita.

2 komentar:

Agus Saputra mengatakan...

Setuja pak. . :)

Agus Saputra mengatakan...

Setuja pak.. :)