Minggu, 10 Maret 2013

Pengertian PHP

Pada awalnya PHP merupakan singkatan dari “Personal Home Page Tools”, namun seiring perkembangan PHP, kurang lebih dapat kita artikan sebagai PHP Hypertext Processor. PHP merupakan bahasa yang hanya dapat berjalan pada server dan hasilnya ditampilkan pada client.PHP merupakan bahasa pemograman internet yang berjalan disisi server (server side). Artinya apabila pengguna mengakses suatu halaman PHP dari URL tentunya, maka server tersebut akan menjalankan arsip index.php dan akan mengirimkan arsip index.php yang lain hasil eksekusi kode PHP pada arsip tersebut. Jadi arsip index.php di server dan index.php di komputer hasil keduanya berbeda. Arsip index.php pada komputer pengguna tidak lain adalah dokumen HTML yang dibuat oleh kode PHP pada arsip index.php di server. 

PHP memiliki beberapa kelebihan, antara lain :
  1. Bahasa pemograman PHP adalah sebuah bahasa script yang tidak perlu dikompilasi dan bagi pengguna yang akan mengaksesnya tidak perlu instalasi, cukup dengan memakai web browser.
  2. Web Server yang mendukung PHP cukup banyak, seperti : apache, IIS dengan konfigurasi yang relatif mudah.
  3.  Dari sisi pengembangan lebih mudah, karena banyak milis-milis dan developer yang siap membantu.
  4. Dari sisi pemahaman, PHP adalah bahasa scripting yang paling mudah karena memiliki referensi yang banyak.
  5. PHP adalah bahasa open source sehingga dapat digunakan di berbagai sistem operasi, seperti : Linux, Unix, Macintosh, Windows dan dapat dijalankan secara runtime melalui console serta juga dapat menjalankan perintah-perintah sistem.
  6. Multi User yaitu PHP dapat diakses oleh beberapa pengguna dalam satu waktu.
PHP juga memiliki beberapa kekurangan, yaitu :
  1. Dari segi bahasa PHP bukanlah bahasa yang ideal untuk pengembangan berskala besar.
  2. Tidak memiliki namespace yaitu sebuah cara untuk mengelompokan nama variable atau fungsi dalam susunan hirarkis.
  3. Sebagian pengguna lanjut mengeluhkan model objek PHP yang minim. Dibandingkan dengan Python dan Perl, PHP tidak memiliki multiple inheritance yaitu kemampuan untuk mewarisi dari dua atau lebih kelas induk.  Multiple inheritance dapat berguna untuk fleksibilitas dalam pengembangan Object Oriented.
  4. Karena model pemograman yang embedded (tercampur dengan HTML), maka pengembang harus berhati-hati agar aplikasinya yang nanti menjadi besar tidak saling bercampur yang dapat mengurangi modularitas, dan memberatkan maintenance.

Tidak ada komentar: