Minggu, 10 Maret 2013

Pengertian Perangkat Lunak (Software)

Perangkat lunak adalah rancang bangun program-program komputer dengan metode, teknik dan alat bantu tertentu sehingga diperoleh perangkat lunak yang lebih baik dan bersifat user friendly (Sesuai dengan kebutuhan user dalam hal ini pekerja dan keluarga PT Pertamina Ep Region Jawa). Menurut Ian Sommerville bahwa terdapat 4 karakteristik penting yang harus dimiliki oleh produk perangkat lunak, yaitu :
 Maintability : Perangkat lunak  harus dapat dengan mudah dirubah dan diperbaiki sesuai dengan perubahan yang diinginkanpengguna tanpa mengeluarkan usaha dan biaya yang besar.
Dapendaility : Perangkat lunak  harus handal dan aman. Sebagai contoh, ketika system mengalami kerusakan maka performasi perangkat lunak tersebut sedikit terpengaruh, sehingga apabila bagian dari system yang rusak tersebut diperbaiki, system dapat beroperasi kembali seperti semula.
Efficiency :Perangkat lunak harus meminimalkan penggunaan sumber daya system seperti memory dan prossesor.
Usability :Perangkat lunak harus memudahkan pengguna. Karakteristik ini dapat dipengaruhi dengan membuat tampilan yang lebih baik dan sesuai dengan kebutuhan pengguna, serta dokumentasi yang diperlukan untuk memandu pengguna menggunakan perangkat lunak tersebut.

Tidak ada komentar: