Senin, 27 Oktober 2008

What is Object & Class

Saat ini OOP bukan sesuatu yang aneh bagi kalangan programer, konsep OOP sendiri lahir tahun 90'an. sebenernya apa sih yang dimaksud OOP ? OOP itu kepanjangan dari Object Oriented Programming, merupakan terobosan baru dalam pemrograman setelah pemrograman prosedural, pemrograman modular dan pemrograman abstraksi data.

Kita biasa melihat segala sesuatu disekitar kita sebagai sebuah object dari yang sifatnya nyata(Manusia, Mobil, Hewan, Tumbuhan, dll) maupun sifatnya abstrak(Penjualan, Pembelian, Pinjaman, Piutang, dll). Jika ditelaah lebih lanjut yang merupakan Objek adalah sebuah kata umum penamaan suatu benda tanpa menyebutkan namanya.

Sebuah objek memiliki tipe dan tipe inilah yang disebut Class. Sebagai contohnya jika kita memiliki objek dengan nama Mahasiswa maka kita akan memiliki bermacam tipe seperti Budi, Adi, Dewi dan sebagainya.

Sebuah Class merupakan sebuah entitas data yang mendukung object, memiliki kriteria kirteria sebagai berikut :
- Memiliki sejumlah informasi sehingga satu object dibedakan dari object lainnya.
- Kelas memiliki sejumlah aksi yang dapat dilaksanakan oleh object.
- Dapat menginstansiasi object, artinya menciptakan object dari tipenya sebagai contoh Mobilku adalah Mobil BMW, maka mobilku merupakan instan dari class Mobil BMW.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Klo materi lainnya mana?