Selasa, 28 Oktober 2008

What is Inheritance

Inheritanceatau pewarisan pada pemrograman berorientasi objek merupakan suatu hubungan dua buah kelas atau lebih. Dalam hal ini ada kelas yang memiliki atribut dan metode yang sama dengan kelas lainnya beserta atribut dan metode tambahan yang merupakan sifat khusus kelas yang menjadi turunannya.

Berbagai jenis objek sering memiliki jumlah tertentu dalam satu sama lain. Mountain sepeda motor, jalan sepeda motor, dan sepeda motor dua-dua, misalnya, semua berbagi karakteristik sepeda (kecepatan saat ini, saat ini pedal irama, saat ini gigi). Namun masing-masing juga menentukan fitur tambahan yang membuat mereka berbeda

Pemrograman Berorientasi Objek memungkinkan untuk mewarisi kelas umum digunakan negara dan perilaku dari kelas lain.Dalam contoh ini, Bicycle sekarang menjadi superclass dari MountainBike RoadBike dan TandemBike Dalam bahasa pemrograman Java, setiap kelas boleh memiliki satu superclass langsung, dan setiap superclass memiliki potensi yang tidak terbatas jumlah subclasses.

Keuntungan dari pewarisan adalah tidak perlu mengutak atik kode kelas yang membutuhkan tambahan atribut atau metode saja, karena tinggal membuat kelas turunannya tanpa harus mengubah kode kelas dasarnya. Kelas dasar akan mewariskan semua atribut dan kodenya kecuali konstruktor dan destruktor yang memiliki izin akses publicdan protectedke kelas turunannya dengan izin akses yang sama dengan pada kelas dasar.
Ketika sebuah kelas turunan dibuat objeknya saat eksekusi, maka secara implisit konstruktor kelas dasar dipanggil terlebih dahulu baru kemudian konstruktor kelas turunan dijalankan. Begitu juga saat objek dimusnahkan maka secara destruktor kelas turunan akan dijalankan baru kemudian destruktor kelas dasar dijalankan.

Tidak ada komentar: