Selasa, 28 Oktober 2008

Hello Java

Tidak ada kata yang paling indah selain hello untuk sesuatu yang baru, berikut ini contoh coding sederhana untuk menjalan program java hello word, sebagai pemanasan ke program yang lebih lanjut, Berikut adalah sebuah contoh program yang sederhana:

/*
contoh program Java sederhana
------------------------------------------
*/

class lukecontoh {
//awal program selau dimulai dari main()
public static void main(String[] args) {
System.out.println(“Hello …. Ini Program Pertamaku”);
}
}


Hal yang perlu dicatat:
Java bersifat case sensitive. Huruf besar dan kecil adalah berbeda dalam Java, karena itu pastikan anda mengetik kode diatas sama persis, tanpa mengubah besar kecil hurufnya. Selain itu dalam Java white space seperti karakter spasi, tab, pindah baris dan karakter lainnya yang berfungsi untuk memformat tampilan, tidak memiliki arti apapun selain untuk memudahkan programmer membaca kode yang ditulis. Karena itu karakter white space dapat digunakan sesukanya untuk memudahkn programmer membacanya. klo ingin lebih mudah sebaiknya gunakan huruf kecil semua.


Ketik program diatas dengan menggunakan text editor (misalnya notepad, Jcreator, atau di linux dengan gedit) dan simpan dengan nama sederhana.java. nama file ini harus sama dengan nama class. Kemudian lakukan kompilasi dengan mengetikkan perintah di c-prompt:

C:\javawork> javac lukecontoh.java

Jika berhasil, hasil kompilasi ini akan membangkitkan sebuah bytecode dengan nama file sederhana.class. untuk mengeksekusi file ini maka bisa menggunakan perintah:

C:\javawork> java lukecontoh
Hasil dari eksekusi tersebut maka akan menghasilkan tampilan :

Hello .... Ini Program Pertamaku
Penjelasan Program

Program diatas merupakan program paling sederhana, namun memiliki beberapa bagian penting.

/*
contoh program Java sederhana
------------------------------------------
*/

bagian ini merupakan bagian yang dikenal sebagai komentar. Komentar dalam Java seperti halnya dalam pemrograman yang lainnyabukan merupakan bagain dari program. Karenanya komentar ini tidak akan dikompilasi oleh compiler Java dan tidak akan mempengaruhi alur program. Komentar ini lebih diperuntukkan untuk memperjelas source code yang ditulis sehingga kode program dapat lebih mudah untuk diteliti ualng atau dibaca. Komentar harus selalu ditulis diantara tanda /* dan */.

Tidak ada komentar: