Rabu, 19 November 2008

Membuat Input Data dari Keyboard

Program interaktif sangat memerlukan inputan data dari user dan diolah dijadikan sebuah informasi yang akan ditampilkan kembali. Pada bahasan java kali ini akan menjelaskan bagaimana proses inputan sederhana sampai menampilkannya.

Untuk mendapatkan input dari user adalah dengan menggunakan class JOptionPane yang terdapat pada package javax.swing. JOptionPane dapat membuat dialog box standard yang menginformasikan kepada user untuk memasukkan sebuah nilai.

Berikut ini coding untuk menampilkan data dari keyboard, nama file program ini adalah inputgui.java :

import javax.swing.JOptionPane;

public class inputgui {


public static void main( String[] args ){
String nama = "";
nama= JOptionPane.showInputDialog("Masukkan Nama Anda :");
String msg = "Hello " + nama + "!";
JOptionPane.showMessageDialog(null, msg);
}

}

Penjelasan
Pada statement :
import javax.swing.JOptionPane;
menginformasikan bahwa kita akan meng-import class JOptionPane dari package javax.swing.

Kode di atas dapat juga ditulis :
import javax.swing.*;

Pada Statement :
nama= JOptionPane.showInputDialog("Masukkan Nama Anda :");
digunakan untuk membuat input dialog JOptionPane, yang akan menampilkan dialog, yang terdiri atas sebuah message, sebuah textfield dan sebuah button OK.

Dialog tersebut akan memberikan return value String yang akan disimpan di variabel nama.

Struktur Kontrol Pada Java

Struktur kontrol digunakan untuk memenuhi berbagai kondisi, didalam Java ada 4 macam statement pengontrolan:
1. looping do-while, while, for
2. pengambilan keputusan if-else, switch-case
3. exception handling try-catch-finally, throw
4. percabangan break, continue, label:,
return
LOOPING
while

while (ekspresi) {
statement
}

do-while
do {
statement
} while (ekspresi)

for
for (inisialisasi; terminasi; incremen) {
statement
}

PENGAMBILAN KEPUTUSAN
if-else
if (ekspresi) {
statement
} else {
statement
}

else bisa sebanyak yang dibutuhkan.

switch-case
switch (int ekspresi) {
case 0: statement; break;
case 1: statement; break;
...
default: statement;
}
ekspresi yang digunakan harus integer
EXCEPTION HANDLING
try-catch-finally
try {
statement
} catch (tipeException nama) {
statement
} finally {
statement
}

PERCABANGAN
break
break digunakan untuk menghentikan switch, for, while, atau do-while.
break label digunakan untuk menghentikan kumpulan statement yang ditandai dengan suatu label.

continue
continue digunakan untuk men-skip iterasi pada suatu looping.

return
return digunakan untuk keluar dari method. return diikuti suatu nilai akan memberikan output bagi method, nilai yang dikeluarkan harus match dengan tipe method. return tanpa diikuti suatu nilai khusus untuk method bertipe void.

Input Variabel dengan GUI

Sebuah program yang interaktif biasanya memerlukan inputan dari user sehingga user bisa menginputkan data dari keyboard, pada tema kali ini saya akan coba menjelaskan bagaimana proses input variabel dengan menggunakan GUI.




Untuk mendapatkan input dari user adalah dengan menggunakan class JOptionPane yang terdapat pada package javax.swing. JOptionPane dapat membuat dialog box standard yang menginformasikan kepada user untuk memasukkan sebuah nilai.



Berikut ini script sederhana untuk menginputkan nama dengan form GUI :

buatlah file inputgui.java


import javax.swing.JOptionPane;
public class inputgui {
public static void main( String[] args )


{

String nama = "";

nama= JOptionPane.showInputDialog("Masukkan Nama Anda :");

String msg = "Hello " + nama + "!";

JOptionPane.showMessageDialog(null, msg);

}

}




Pada statement import javax.swing.JOptionPane;
menginformasikan bahwa kita akan meng-import class JOptionPane dari package javax.swing.



Kode di atas dapat juga ditulis:
import javax.swing.*;



Statement


String msg = "Hello " + nama + "!";

digunakan untuk membuat welcome message, yang akan disimpan di variabel msg.



Statement


JOptionPane.showMessageDialog(null, msg);

Akan menampilkan sebuah dialog yang berisi sebuah pesan dan sebuah OK button.


ok selamat mencoba yah...

Sabtu, 01 November 2008

Java Platform

Seharusnya tulisan ini mengawali pembahasan tentang java, tapi gpp deh soalnya baru keingetan skarang kali aja masih bermanfaat.
Java mempunyai platform yaitu :
- Java Virtual Machine (Java VM)
- Java Application Programming Interface (Java API)

Aplikasi-aplikasi java antara lain :
- Stand alone
- Applets
- Aplikasi berbasis Windows (GUI)
- Java Servlet
- Java Server Pages (JSP)
- Java Beans dan Enterprise Java Beans
- Java Micro Edition

Cara membuat program java yaitu :
- Persiapan
o Download dan Instalasi J2SDK
http://java.sun.com/javase/downloads/
o Setting jalur eksekusi
set path=c:\j2sdk1.4.1\bin;%path%
- Penulisan program:
o Menulis program

Struktur program java yaitu :
program java (.java)
Komentar program
Deklarasi package dan import
//Kelas pertama
class Namakelas{
//Pernyataan
}

//Kelas lainnya
class Namakelaslain{
//Pernyataan
}


Dapat ditulis dalam satu file .java:
- Berisi satu kelas
- Berisi beberapa kelas
Ditulis dalam beberapa file .java:
- Satu file satu kelas
- Satu file banyak kelas
Hanya boleh ada satu fungsi utama pada setiap program objek.

o Kompilasi
- javac
Contoh:
javac HelloWorld.java

o Eksekusi
java []

Contoh:
java HelloWorld
java HelloWorld “Ini argumen baris perintah”

Input kata dari keyboard

Setelah kita berhasil menampilkan hello word berikut ini contoh program untuk berinteraksi dengan program java yang kita buat yaitu dengan menginputkan data dari keyboard.

Terdapat 2 cara yang bisa dilakukan untuk menginputkan data dari keyboard :
- Menggunakan class BufferedReader untuk mendapatkan input dari keyboard pada console
- Menggunakan class JoptionPane untuk GUI (graphical user interface).

Pada bahasan kali ini yang dibahas adalah bagaimana menginputkan data dari keyboard dengan menggunakan class BufferedReader, class ini terdapat pada java.io package dan digunakan untuk mendapatkan input.

Langkah langkah untuk mendapatkan input :
1. Tambahkan baris code ini pada awal source code Anda:

import java.io.*;

2. Tambahkan statement berikut ini:

BufferedReader dataIn = new BufferedReader( new InputStreamReader( System.in) );

3. Deklarasikan variabel sementara String untuk mendapatkan input, dan menjalankan perintah readLine() untuk mendapatkan input dari keyboard. Kita harus menuliskannya di dalam blok try-catch.

try{ String temp = dataIn.readLine(); }

catch( IOException e ){ System.out.println(“Error in getting input”);
}

Berikut ini contoh programnya :
//Program inputkata.java
//create by saluky
import java.io.BufferedReader;
import java.io.InputStreamReader;
import java.io.IOException;
public class inputkata {
public static void main( String[] args ){
BufferedReader dataIn = new BufferedReader(new InputStreamReader( System.in) );
String name = ""; System.out.print("Masukkan nama anda:");
try{
name = dataIn.readLine();
}
catch( IOException e ){
System.out.println("Error!");
} System.out.println("Hello " + name +"!");
}
}

Akan menghasilkan output :
Masukkan nama anda : Saluky
Hello Saluky
Ok sekian dulu, untuk input pada dasarnya akan sama seperti diatas, selamat mencoba yah....